AKBP Roman Smaradhana Elhaj Mengikuti Daring Di Ruang Rapat kantor Bupati Tapsel

Tapanuli Selatan, IKAGAWANEWS.ID – Telah berlangsung kegiatan Daring yang dipimpin oleh Presiden RI Tentang Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021 yang dilaksanakan diruang Rapat kantor Bupati Jalan Lintas Gunung Tua Link I Pasar Gunung Tua Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara, pada hari Senin, (12 Januari 2021), sekira pukul 13.30 Wib sampai pukul 15.30 Wib.

Adapun Pejabat yang hadir dan mengikuti pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Diantaranya : Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap STTP, MSI. Dandim 0212 / TS Letkol Inf Roy Chandra Sihombing. Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH., S,IK,M.H. Kejari Kab Paluta Andri Kurniawan,SH.MH. Pabung Paluta Kodim 0212/TS MAYOR ARM Hasran Harahap. Sekda Kab Paluta H. Burhan Harahap. PJU Polres Tapsel. Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, SH. MH. Danramil 05/PB Kapten Inf Misran Dalimunthe. Kadis Infokom Paluta Lailar Rusdy. Kasatpol PP kab Paluta Darman Hasibuan. Kaban BNPB Khairul Harahap. kada Ops Manggala Agni Labuhan Batu Samidi.

Adapun agenda pelaksanaan kegiatan, seluruh pejabat yang hadir mendengarkan pengarahan Presiden RI tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021.

Lalu, pada pukul 14.15 Wib acara Daring selesai dan diteruskan melaksanakan Rapat Forkopimda yang dipimpin oleh Bupati Padang Lawas Utara.

Dikesempatan itu, Dandim 0212 / TS Letkol Inf Roy Chandra Sihombing memberikan saran atau pendapat dengan menyampaikan, sudah jelas apa yang di arahkan bapak presiden khususnya untuk wilayah sumatera ini setiap tahunnya akan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Kita TNI Dan POLRI setiap saat mengecek titik hotspot api di Kab Paluta untuk saat ini belum ada terjadi karhutla dan kita kedepannya akan melakukan kegiatan kegiatan pencegahan sehingga nanti tugas kita tidak berat apabila ada kejadian kerhutla di kab paluta.

Masih kata Letkol Inf Roy Chandra, Nanti kita adakan apel untuk penanganan karhutla dan disetiap kecamatan kita aktifkan kembali bersamaan dari pangkat tertinggi sampai dengan terrendah, apabila ada terjadi kejadian karhutla kita sama sama turun tangan menangani.

Kemudian, dilanjutkan Kejari Kab Paluta Andri Kurniawan,SH.MH yang menyampaikan, Kita akan melakukan meeping dimana yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan dan kita lakukan himnauan kepada perusahaan dan perkebunan, kesiapan kita lakukan setiap dini dan secepat mungkin apabila ada kejadian kebakaran kita sudah melakukan langkah langkah dan cepat mengatasinya.

Acara diteruskan, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH., S,IK,M.H., yang menyampaikan, Kami mohon maaf atas keterlambatan kami. Dikarenakan ada kegiatan anep di polres.

Lanjut AKBP Roman menjelaskan, Terkait dengan kejadian kejadian karthutla kita di kab paluta belum ada kejadian dan kita ketahui di kab tapsel sudah ada kejadian karhutla sampai ada yang meninggal dunia, sebelumnya sudah ada dilaksanakan penanganan karhutla di kab Paluta dan sudah berjalan dengan baik. Yang nantinya akan kita laksanakan kembali dan kita mengundang steak holder, tokoh adat tokoh masyarakat dan perusahaan perkebunan dan apabila ada kejadian nanti bisa kita tangani bersama dengan cepat.

Diungkapkan, Kita tidak inginkan ada pembakaran hutan dan lahan yang luas di kabupaten paluta sehingga bisa mengganggu negara tetangga.

Dilanjutkan, Kada OPS Manggala Agni Labuhan Batu Samidi yang menyampaikan, Terkhusus dalam penanganan karhutla Kami tidak mampu melaksanakan ini dengan sendirian.

Untuk itu, kami akan berkordinasi dengan pihak terkait seperti polres ataupun polsek dan dandim ataupun koramil. Lantaran, markas tempat kami sangat jauh dari tempat karhutla bisa memakan waktu 13 jam dan kami tidak bisa bekerja tanpa ada bantuan bapak bapak semuanya.

Lebih lanjut, Samidi juga mengharapkan, kepada bapak pimpinan agar bisa kiranya membuat suatu arahan kepada kapolres, kapolsek dan dandim,danramil untuk bisa menyelesaikan kejadian karhutla yang ada dan siap bersama menangani karhutla di kab paluta, Namun untuk kab paluta belum ada kejadian karhutla namun ada satu titik hotspot di kec simangambat namun itu yang dibakar dan jangan kosong bukan karhutla

Diteruskan penyampaian dari Kaban BNPB Khoirul Harahap yang mengatakan, pada kondisi bulan ini kita sudah masuk musim kemarau
Kita akan rapatkan bersama kita undang BMKG supaya bisa memberikan perkiraan cuaca di kab paluta.

“Kami sangat setuju melalui kegiatan siaga bencana ada program desa tangguh BPBD berencana desa tanguh bencana alam dan non alam dan penggeraknya bhabinkamtibmas dan babinsa dan bekerjasama dengan kepala desa dan masyarakat desa,“ tandasnya.

Sekda kab Paluta juga mengatakan, Kita laksanakan Monitoring dikabupatrm padang lawas utara agar tidak terjadi karhutla di kab paluta.

Kemudian, Arahan dan bimbingan Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap STTP, Msi., yang menyampaikan, Terkait pelaksanaan tugas hari ini saya mengucapkan terimakasih ada baiknya saran dari bapak semuanya dari unsur forkopimda terkait pelaksanaan penanganan karhutla dan tidak lama akan terlaksanakan dan sosialiasi antisipasi karhutla kepada masyarakat kab paluta.

“Tentang Koordinasi penanggulangan karhutla sudah ada di kab paluta dan sudh terbentuk dan kita laksanakan kembali rapat kordinasi pemangku kepentingan untuk penanggulangan karhutla di kab paluta,“ tukasnya.

Masih kata Bupati Tapsel, Saran bapak kajari tentang melaksanakan pemetaan yang sering terjadi karhutla dan dikab paluta kemungkinan karhutla merata di setiap desa kita persepsikan semuanya rawan terjafi karhutla, Sosialisasi dan edukasi fokus untuk covid dan kita akan melaksanakan monitoring covid dan karhutla secara bersamaan.

Untuk koordinasi dari tingkat tertinggi sampai tingkat bawah di kab paluta sangat bagus dan adanya perlu satgas nanti kami akan mengundang camat dan melaksanakan rapat terkait pelaksanaan karhutla di kab paluta.

Masukan hostpos ini adalah bahan masukan kepada kami terkait kejadian di Kec Simangambat dan ini menjadi pelajaran bagi kami.

Kita akan membuatkan surat edaran yang di tanda tangani oleh semua forkopimda kepada pemangku kepentingan dan kepada perusahanaan perusahaan agar menanggung jawab apabila ada kejadian karhutla di kab Paluta.

Pelaksanaan apel kerhutla kemungkinan paling lama kita laksanakan minggu depan apel bersama semua forkopimda dan tokoh adat tokoh masyarakat dan perusahaan perusahaan.

Ditambahkan, pada pukul 15. 30 Wib Acara selesai dilaksanakan dalam situasi aman dan baik. (Hum/Kri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.