Disparta Kolaborasi Dengan Polres Batu Cegah Covid-19 Dan Narkoba

BATU,IKAGAWANEWS.ID – Sosialisasi Covid – 19 dan penyalahgunaan narkoba.Polres Batu kolaborasi dengan Dinas Pariwisata,Kota Batu, yang dikemas melalui pentas teatrikal yang dihelat di Alun – alun, Kota Batu, Sabtu ( 22/5/3021) sore.

Hal tersebut, dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata,Kota Batu, Arief As Siddiq, Sabtu, 22/5/2021.Menurut Arief, kegiatan ini berupa pentas teatrikal yang isinya dalam rangka sosialisasi covid – 19 dan penyalahgunaan narkoba.

” Kegiatan ini diproduksi bersama Dinas Pariwisata dan Pollres Batu,bagian  Satreskoba,” katanya.

Giatnya,kata dia, melalui teatrikal yang menurutnya sebagai bentuk penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba.Itu, lanjut dia, bentuk teatrikalnya tidak langsung kepada masyarakat.

” Karena, bentuk drama, yang diperankan dari anak – anak sanggar seni dari Kota Batu ,serta dari anggota kepolisian Kota Batu.Disitu menggambarkan bagaimana bahayanya narkoba dan sebagainya,” paparnya.

Dengan begitu, papar dia,  produksi kerjasama Disparta dan Polres Batu, menurutnya sangat luar biasa.Alasannya, kali ini, sosialisasinya tampil beda.

” Giat ini, bentuk teatrikal  yang bisa ditontan langsung oleh masyarakat.

Terlebih hari ini materinya lebih pada  penyuluhan bahayanya narkoba dan covid – 19,” ujarnya.

Dari sisi lain, Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Jatim, AKBP Deny Kuncoro Feri Prabowo, mengaku giat tersebut  menindaklanjuti perintah pimpinannya.

” Karena covid – 19 sangat berbahaya jadi beragam kegiatan yang sudah dilakukan oleh polri, khususnya oleh Direktorat Lalu Lintas,yang kita laksanakan.Salahsatunya 

giat teatrikal ini,” tandasnya.

Itu, tandas dia, selain ada penyekatan, pengetatatan,serta pembatasan dan lain sebagainya.Salahsatunya,menurut dia, giat teatrikal ini.

” Tujuannya, masyarakat agar lebih paham covid.Hampir seluruh jajaran Polda Jatim melaksanakan giat semacam ini.

Dengan bahayanya covid, dan bagaimana cara mencegah serta menangani dan lain sebagainya,” terangnya. 

Alhasil, terang Deny, dengan upaya yang ia lakukan, menurutnya tengah membantu menurunkan penularan dan orang – orang yang terjangkit covid banyak yang sembuh.

“Peningkatannya statistik perkembangan covid – 19, alhamdulillah di Jatim sudah  menurun,” ngakunya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto, menyampaikan terkait ateatrikal pencegahan penyalahgunaan narkoba, sosialisasinya melalui ateatrikal tersebut, diyakini bakal efektif.

” Sesuai perintah Pak Kapolda Jatim melalui Bapak Kapolres Batu, untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba sosialisasinya agar menggandeng instansi terkait.Dan kita menggandeng Disparta Kota Batu, yang dikemas dengan teatrikal dalam pencegahan narkoba supaya lebih mengena di masyarakat,” ungkapnya.

Sehingga,ungkap dia, sosialisasinya tidak hanya dimedia soaial atau disekolah,dan beberapa lainnya.

” Pencegahan melalui teatrikal di Kota Batu ini ,agar bisa mengerti dampak penyalahgunakan narkoba seperti apa.Drama yang diperankan mereka tadi, menggambarkan berawal hanya mencoba – coba,dan berlanjut pada ketergantungan, yang berakhir pada kematian.Bahkan tadi digambarkan sampai pada peringkusan yang diperankan petugas yang berujung dipenjara,” bebernya.

Yang perlu dimengerti, teatrikal tersebut, mencerminkan bagaimana bahanya pengguna narkoba.Dengan begitu, mantan Kanit Tipikor Polres Batu ini, mengaku  agenda tersebut, bakal terus berlanjut.

” Kita sudah menggandeng BBN dan Disparta.Satu, atau dua bulan sekali bakal digelar giat sepeti ini.Selain di Alun – alun, tempat nya akan berpindah – pindah ,sasarannya dipusat keramaian,” timpalnya, sembari mengaku karena Kota Batu sebagai Kota Wisata, maka aksi dalam  pencegahan narkoba menggandeng Disparta, Kota Batu (JK) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.