Kunjungi Polres Malang, Irwasda Polda Jatim Cek Pelaksanaan Anev PPKM

Malang, IKAGAWANEWS.ID – Telah dilaksanakan Anev Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), di Ruang Rupatama Polres Malang, pada hari Senin, (18 Januari 2021), di mulai pukul 09.10 Wib sampai pukul 10.15 Wib.

Kegiatan ini dalam rangka untuk pengendalian Covid – 19 Di Wilayah Kabupaten Malang, yang dihadiri oleh, Irwasda Polda Jatim Kombespol Drs. Sungkono. Kapolres Malang AKBP hendri umar, S.I.K.,M.H. Wakapolres Malang Kompol Toni Kasmiri, S.I.K.,S.H. Kabagops Polres Malang AKP Hegy Renata, S.T.,S.I.K. PJU Polres Malang. Dan Kapolsek jajaran Polres Malang.

Adapun rangkaian kegiatan diawali pelaksanaan pembukaan dan diteruskan penyampaian Irwasda Polda Jatim Kombespol Drs. Sungkono yang intinya menyampaikan, kegiatan kali ini dalam rangka mengecek Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan oleh Polres Malang.

“Berdasarkan analisa terkait kasus positif selama pelaksanaan PPKM secara nasional maupun provinsi relatif mengalami peningkatan. Sehingga saya mengecek pelaksanaan PPKM di beberapa wilayah,“ ucapnya.

Lanjut Kombespol Drs. Sungkono menerangkan, selama PPKM sebanyak 75 % WFH dan 25 % WFO namun tidak terlaksana dengan baik. Lantaran, masih ada rumah makan, warkop dan cafe yang masih tetap buka melebihi jam operasional yang telah ditentukan.

“Untuk itu, perlu di cek kembali CB (Cara bertindak). Apakah sudah benar atau belum,“ ujarnya.

Dengan harapan, Agar Kapolres dan Bupati laks koordinasi untuk menecek kesiapan kamar-kamar perawatan yang ada di rumah sakit rujukan covid 19. Guna antisipasi adanya pasien yang kesulitan mendapatkan ruangan untuk perawatan.

Menurut Kombespol Drs. Sungkono, kecepatan perawatan sangat menentukan dalam penanganan covid 19.

Selain itu, perlu optimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk menghimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat akan bahaya covid 19. Guna menumbuhkan kesadaran masyarakat, serta ajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian, dilanjutkan penyampaian oleh Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, S.I.K.,M.H., yang intinya menuturkan, secara kasat mata di perkantoran yang ada mulai pabrik, perbankan tidak ada yang melaksanakan wfh secara 75 %.

“Serta pelaksanaan metode pembelajaran melalui daring tidak terlaksana karena secara keseluruhan Ponpes di wilayah Kab. Malang masih melaksanakan secara tatap muka,“ tandasnya

Dikesempatan itu, Hendri juga menghimbau, Agar Kapolsek jajaran laksanakan koordinasi dengan muspika masing-masing untuk mengevaluasi pelaksanaan PPKM selama satu minggu ini karena jika tidak teratasi efeknya PPKM ini akan terus berlanjut.

“Mengenai Pelaksanaan OPS yustisi dan patroli skala besar agar dioptimalkan. Dan Optimalisasi kegiatan KTS (Kampung Tangguh Semeru), agar selama PPKM setiap polsek optimalisasi KTS dengan mengundang masyarakat setempat agar aktivitas di KTS benar-benar memberikan dampak yang positif,“ tukasnya.

Dikemukakan, tentang Pelaksanaan ops yustisi yang melibatkan Satpol PP dan TNI, agar melaksanakan penindakan secara bersama-sama dengan cara humanis.

Di samping itu, Kapolres Malang juga mengatakan, Laksanakan Ops Yustisi secara stationer dengan sasaran desa maupun dusun yang jumlah pasien positif tertinggi. Dan kegiatan penyemprotan desinfektan agar dilaporkan.

“Mengenai Covid Hunter untuk evakuasi pasien Positif tanpa gejala ke safe house, agar Polsek jajaran laks mapping Desa mana yang mengalami kasus penularan tinggi secara rill, kemudian dioptimalkan kegiatan disana dengan melibatkan masyarakat,“ paparnya.

Tidak lupa Hendri meminta, agar Polsek jajaran laksanakan pendataan terhadap pasien positif yang melaksanakan Isolasi Mandiri (Isoman) untuk didorong agar dirawat menuju Safe House guna mempercepat proses penyembuhan. Lantaran, dengan banyaknya pasien positif yang melaksanakan isoman dianggap tidak ada penanganan.

Kapolres Malang juga menambahkan, terkait pergantian Kapolri, agar seluruh anggota Polres Malang mendukung setiap kebijakan dari Kapolri yang baru dalam pelaksanaan PPKM untuk dijadikan prioritas. (Hum/Kri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.