Kapolres Tapsel Giat Monitoring Pengecekan Kotak Suara Hasil Pilbup 2020

Tapanuli Selatan, IKAGAWANEWS.ID – Dalam rangka Pengecekan dan Pengamanan Kotak Suara Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polres Tapanuli Selatan.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H., bersama PJU Polres Tapanuli Selatan melakukan Monitoring, di Kantor KPU Tapanuli Selatan tepatnya di Desa Sirumbi dan Gudang Logistik KPU Tapanuli Selatan Desa Simaninggir Kec. Sipirok Kab. Tapanuli Selatan, pada hari Rabu, (20 Januari 2021), sekitar pukul 10.45 Wib sampai selesai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut. Diantaranya,- Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan AKP Abdi Abdullah, SH.- Kasat Intelkam Polres Tapanuli Selatan AKP Eldi Koswara S.- Padal di KPU Tapanuli Selatan Kasubbag Daglar Bagren Polres Tapanuli Selatan AKP M. Simanjuntak.- Ketua KPU Tapanuli Selatan Panataran Simanjuntak, M.HUM.- Divisi Hukum KPU Tapanuli Selatan Kemri Sapii Nasution.- Komisioner Bawaslu Tapanuli Selatan Julianto Lubis, ST.- Kasubbag Umum Hasanuddin Sitompul.- Kanit I Sat Intelkam Polres Tapanuli Selatan Ipda Titus Dwioko.- KBO Sat Lantas Polres Tapanuli Selatan Iptu Irwan Sastra Dinata.

Kegiatan tersebut di mulai pukul 10.45 Wib, Kapolres Tapanuli Selatan bersama PJU Polres Tapanuli Selatan tiba di kantor KPU Tapanuli Selatan, yang disambut oleh Padal di KPU Tapanuli Selatan, Ketua KPU Tapanuli Selatan, Divisi Hukum KPU Tapanuli Selatan, Komisioner Bawaslu Tapanuli Selatan dan Anggota.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H., memberi arahan dengan menyampaikan, saya ingin memastikan bahwa Pengamanan di Kantor KPU Tapanuli Selatan berjalan lancar. Untuk itu, kami tekankan untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjaga kesehatan agar Pengamanan di Kantor KPU Tapanuli Selatan dapat dilaksanakan secara maksimal.

Lanjut Roman meminta, kepada seluruh personil yang terlibat dalam Pengamanan, agar dapat meningkatkan kewaspadaan, dan terus melakukan koordinasi serta komunikasi dengan instansi terkait.

Lanjut Roman mengatakan, Mari kita tunggu hasil dari Mahkamah Konstitusi, apapun hasilnya, maka dari itu tetap jaga sitkamtibmas yang aman dan kondusif.

Selanjutnya, sekitar pukul 11.35 Wib, Kapolres Tapanuli Selatan bersama PJU Polres Tapanuli Selatan, Pejabat KPU Tapanuli Selatan dan Bawaslu Tapanuli Selatan tiba di Gudang Logistik KPU Tapanuli Selatan untuk melaksanakan Pembukaan Kotak Suara guna, “Menggandakan Formulir Otentik Proses Pungut Hitung Suara dan Rekapitulasi yang ada di dalam kotak sebagai Alat Bukti di Persidangan Mahkamah Konstitusi“.

Diantaranya, Formulir C.Hasil, DPT Daftar hadir, Formulir Kejadian Khusus, Formulir A5, Formulir Rekap Pengembalian Kotak Suara dan Tanda Terima Penyerahan Salinan C.Hasil dari 731 TPS/Kotak Suara.

Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan penandatanganan berita acara pembukaan kotak suara oleh Ketua KPU Tapanuli Selatan dan Kapolres Tapanuli Selatan yang disaksikan oleh Ketua Bawaslu atau perwakilan.

Adapun pesan Kapolres Tapanuli Selatan kepada Personil yang melaksanakan Pengamanan Pembukaan Kotak Suara di Gudang Logistik KPU Tapanuli Selatan, agar melaksanakan pemeriksaan secara total dengan teliti.

Sekitar pukul 12.15 Wib, Kapolres Tapanuli Selatan bersama PJU Polres Tapanuli Selatan melakukan Pengecekan Lokasi Rawan Macet dan Longsor di Jalimsum tepatnya di Dusun Batu Jomba Desa Luar Lombang Kec. Sipirok Kab. Tapanuli Selatan yang disambut oleh Anggota Pos Brigadir Sat Lantas Polsek Sipirok Aiptu Pelbrig Sitompul, dimana situasi di lokasi masih terpantau aman dan baik. Dan kegiatan berakhir pada pukul 12.45 Wib.

Diterangkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Monitoring dalam rangka Pengecekan Pengamanan Kotak Suara Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Tahun 2020. Untuk memastikan apakah pelaksanaan pengamanan Kotak Suara berjalan aman dan lancar kemudian, memastikan kekuatan personil yang melaksanakan kegiatan pengamanan di Kantor KPU Tapanuli Selatan dan Gudang Logistik Tapanuli Selatan.

Selain itu, Pembukaan Kotak Suara juga bertujuan untuk Menggandakan Formulir Otentik Proses Pungut Hitung Suara dan Rekapitulasi yang ada di dalam kotak sebagai Alat Bukti di Persidangan Mahkamah Konstitusi.

Ditambahkan, selama Pelaksanaan Kegiatan, tetap memperhatikan Protokol Kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh Pemerintah yaitu Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan (4M) guna Mencegah Penyebaran Virus Corona (Covid – 19). (Hum/Kri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.