Kunjungan Kapolres Pacitan Bersama Forkopimda Di Kampung Tangguh Kecamatan Kebonagung

Pacitan, IKAGAWANEWS.ID – Telah berlangsung kunjungan Kapolres Pacitan bersama Forkopimda di Kampung Tangguh Wilayah Kec. Kebonagung Kab. Pacitan, pada hari Senin, (25 Januari 2021), di mulai pukul 09.30 Wib sampai pukul 13.00 Wib.

Dalam pelaksanaan kegiatan dihadiri oleh : AKBP Wiwit Ari Wibisono, SH, S.I.K, M.H (Kapolres Pacitan). Drs. Sumorohadi, M.Si (Staf Alhi Bupati bidang Pemerintahan/Plt. Kadis Perikanan). Drs. Masrukin,MM (Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan). Bpk. Heri Setiyono, S.Sos,.M,.Si ( Camat Kebonagung ). Iptu Giyarno, S.H. Bpk. Aminudin (Kades Karangnongko). Bpk. Nugroho Eko Prabowo (Kades Gembuk). Relawan covid-19 Ds. Karangnongko dan Ds. Kec. Kebonagung.

Adapun rangkaian kegiatan dimulai sekitar pukul 09.40 Wib, Kapolres Pacitan beserta rombongan tiba di Ds. Karangnongko yang disambut oleh Forkopimcam Kebonagung, Kepala Desa Karangnongko. Dan selanjutnya melaksanakan pengecekan suhu tubuh (sesuai protokol kesehatan).

Kemudian, pada pukul 09.48 Wib, rombongan meninjau Tempat isolasi mandiri, Posko Terpadu Kampung Tangguh Semeru Ds. Karangnongko, dan menebar benih ikan Nila. Dan dilanjutkan dengan penyampaian Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, SH, S.I.K, M.H yang intinya menerangkan, tentang keberadaan Kampung tangguh ini, sebagai upaya untuk mengatasi Penyebaran covid-19 di Kabupaten Pacitan.

Lanjut Wiwit memaparkan, saat ini kita sudah ada solusi pengadaan alat tes swab genus yang bisa mendeteksi covid-19 dalam waktu 5 menit, dan kita yang berupaya untuk memesan itu sehingga tidak lagi perlu waktu lama untuk menunggu hasilnya.

Selanjutnya, rombongan meninggalkan KTS Ds. Karangnongko menuju KTS Ds. Gembuk Kec. Kebonagung, pada pukul 11.00 Wib.

Sekitar pukul 11.25 Wib, Kapolres Pacitan beserta rombongan tiba di Ds. Gembuk yang disambut oleh Forkopimcam Kebonagung, Kepala Desa Gembuk selanjutnya meninjau Tempat isolasi mandiri, Lumbung pangan, Dapur umum Ds. Gembuk, dan menebar benih ikan Nila.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kades Gembuk yang menyampaikan, selamat datang kepada rombongan di Ds. Gembuk, bahwasanya KTS Ds. Gembuk sudah siap dalam melaksanakan penanganan covid-19.

“Untuk itu, mohon arahan dan pembinaan agar KTS Ds. Gembuk dapat ditingkatkan kesiapannya,“ tandasnya.

Sementara, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, SH, S.I.K, M.H juga menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka mengetahui kesiapan KTS, dan seluruh Desa wajib mempunyai Kampung tangguh, sebagai upaya untuk mengatasi Penyebaran covid-19 di Kab. Pacitan.

Menurut Wiwit, bahwa covid-19 ini ada, maka dari itu kita harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan dengan penerapan 3M serta berkumpul harus menjaga jarak.

Dijabarkan, giat hajatan sangat rawan adanya penularan covid-19, maka dari itu jika dilaksanakan harus menerapkan prokes. Seperti, acara makan dan minum ditiadakan, yang nantinya diganti wadah untuk dibawa pulang.

“Untuk itu, perlu adanya pembentukan relawan dengan fungsi dan tugasnya masing-masing, misalkan karantina, pemulasaraan jenazah covid-19. Sehingga relawan sebagai kuncinya KTS, maka giat di desa terkait covid-19 dapat teratasi,“ jelasnya.

Saat ini Polres Pacitan sudah berupaya melakukan pengadaan alat tes swab genus yang bisa mendeteksi covid-19 dalam waktu 5 menit, sehingga tidak lagi perlu waktu lama untuk menunggu hasilnya. Dan untuk ke depannya akan ada giat vaksinasi, agar kiranya masyarakat Gembuk dapat menerima dengan baik, karena vaksinasi tersebut bertujuan baik untuk kesehatan warga masyarakat.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 Wib, giat Kunjungan Kapolres Pacitan beserta Forkopimda Pacitan telah selesai dalam situasi lancar dan aman.

Ditambahkan, Giat kunjungan untuk mengetahui kesiapan Kampung Tangguh Semeru dalam rangka menghadapi lonjakan Covid-19 di Wilayah Kab Pacitan telah menerapkan protokol kesehatan. (Hum/Kri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.